*** Selamat datang di blog wawa ***
wawa Image Hosted by ImageShack.us
Custom Search

Friday, December 5, 2008

Indonesia Kalahkan Myanmar 3-0




Indonesia berhasil mengawali kiprahnya dalam AFF Suzuki Cup 2008 dengan gemilang. Budi Sudarsono dkk berhasil mengalahkan Myanmar dengan skor 3-0, Jumat (5/12). Tiga gol dicetak oleh Budi Sudarsono, Firman Utina dan Bambang Pamungkas.

Di hadapan lebih dari empat puluh ribu penonton yang memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, para pemain Indonesia tampil penuh semangat sejak awal pertandingan. Firman Utina dkk mampu menunjukkan permainan cepat dengan ditunjang determinasi yang tinggi.

Tekanan bertubi-tubi dilancarkan oleh para pemain Indonesia. Pergerakan pemain dari kedua sayap melalui Arif Suyono dan M Ilham benar – benar hidup. Sebuah aksi individu M Ilham dari sisi kiri nyaris menjebol gawang Myanmar. SAyang tendangan kaki kirinya masih sedikit melenceng dari gawang lawan.

Pertandingan baru berjalan delapan menit, gawang Myanmar sudah terancam. Sebuah eksekusi tendangan bebas dari jarak 20 meter yang dilepaskan Ismed Sofyan membentur mistar gawang Myanmar yang dikawal Aung Aung Oo.

Tekanan tidak berhenti sampai disitu, pada menit ke-14, sebuah tendangan Arif Suyono berhasil menggetarkan gawang Myanmar. Sayang, Arif Suyono sudah berada dalam keadaan offside saat menerima umpan Bambang Pamungkas.

Setelah berkali-kali mampu membahayakan gawang Myanmar, usaha para pemain Indonesia akhirnya membuahkan hasil. Pada menit ke-26, Budi Sudarsono mampu membobol gawang Myanmar setelah dengan cerdik mengecoh dua pemain belakang Myanmar. Dengan dingin, ia berhasil menceposkan bola ke sisi kanan kipper Aung Aung Oo. Seisi stadion sontak bergemuruh menyambut gol Budi Sudarsono tersebut.

Tidak lama berselang, Firman Utina berhasil menggandakan keunggulan Indonesia menjadi 2-0. Sebuah tendangan kaki kanannya pada menit 29 tidak mampu diantisipasi oleh Aung Aung Oo. Gol ini juga tidak lepas dari peran M Ilham yang sebelumnya melakukan tusukan melalui aksi individunya sebelum memberikan bola kepada Firman Utina.

Skor 2-0 bertahan hingga babak pertama usai. Catatan statistic Indonesia di babak pertama sangat dominant dibandingkan Myanamar. Total Indonesia melakukan 11 kali tendangan kea rah gawang, 8 diantaranya mencapai target. Sedangkan Myanmar hanya lima kali mampu melepas bola ke gawang Markus Harison. Itupun, hanya satu yang mengenai sasaran. Wasit R Krishnan melayangkan satu kartu kuning kepada Min Tun Myo pada menit ke-32.

Babak kedua berjalan dengan tempo sedikit di bawah babak pertama. Myanmar mulai berani keluar menyerang. Beberapa kali upaya serangan mereka berhasil menembus pertahanan Indonesia. Namun, gawang Markus Harison tetap aman.

Pada menit ke-65, Bambang Pamungkas kembali membuat para penonton bergemuruh setelah tendangan terarah kaki kanannya dari jarak 17 meter berhasil menjebol gawang Myanmar.

Setelah kedudukan 3-0 untuk keunggulan Indonesia, permainan justru menjadi memanas. Myanmar mulai memperagakan permaian kerasnya. Pada menit ke 70, sempat terjadi aksi saling dorong antara para pemain Indonesia dengan Myanmar. Beruntung situasi ini tidak berlanjut ke arah yang semakin buruk.

Hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor tetap 3-0 bagi kemenangan Indonesia. Di babak kedua wasit mengeluarkan dua kartu kuning kepada Markus menit ke-68 dan M Roby pada menit ke-87. (asp)

Skuad Indonesia

Penjaga gawang : Markus Harison

Belakang : Isnan Ali, Charis Yulianto ©, M Roby, Ismed Sofyan

Tengah : M Ilham / Ellie Aiboy 84’, Ponaryo Astaman, Firman Utina, Arif Suyono / Erol Iba 90’

Depan : Budi Sudarsono / Aliyudin 88’, Bambang Pamungkas

Skuad Myanmar

Penjaga gawang : Aung Aung OO

Belakang : Min Thu, Moe Win, Khin Maung Lwin, Zaw Htet Aung / Kin Wing Kyaw 80’

Tengah : Myo Min Tun/ Soe Pai 59’, Aung Myo Thant, Aung Kyau Moe / Kyau Myo Aung 65’, Zaw Lyn Tun

Depan : Yan Paing, Soe Myat Min

BY : PSSI.COM

blog comments powered by Disqus